Rabu, 19 Oktober 2016

Bisnis Kecantikan Dan kesehatan


Waralaba Untung Besar di Bidang Kecantikan dan Kesehatan

Setiap orang ingin tampil cantik dan menarik sekaligus sehat, siapapun itu. Bahkan tidak hanya kaum wanita, kaum pria juga banyak yang sangat peduli dengan penampilan dan perawatan wajahnya. Bisnis kecantikan memang tidak semata-mata melakukan polesan terhadap wajah dan tubuh tetapi juga pada kesehatan. 

Perkembangan bisnis waralaba dibidang kecantikan dan kesehatan saat ini banyak dilirik oleh para pengusaha, baik itu pebisnis baru/pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk setiap orang.


Bagi pengusaha yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar.

Perlu diingat juga bahwa selain membeli franchisenya, pembeli waralaba juga harus memikirkan tentang gaji karyawan dan juga beberapa persiapan lainnya. Jadi kita memang harus benar-benar mempersiapkan diri secara finansial sebelum membeli sebuah waralaba.

Syarat Memuali Usaha Bisnis Kecantikan dan Kesehatan

1. Memiliki Izin Resmi
Jika anda ingin membuka usaha, sebaiknya uruslah ijin usaha klinik kecantikan ( izin resmi dari depkes atau sejenisnya ) hal ini sangat penting karena akan mendukung pemasaran atau marketing anda. Beberapa salon kecantikan yang resmi memiliki ijin akan cenderung lebih ramai pengunjung karena para pelanggan akan lebih yakin dengan pelayanan dan keamanan dari salon kecantikan anda. Seperti yang kita tahu umumnya klinik kecantikan identik dengan aneka jenis perawatan semisal , perawatan badan dengan lulur, pelayanan wajah dengan aneka kosmetik, pemutihan wajah, pembersihan komedo, kuku, dan lainya. Ini kadang menggunakan bahan bahan kimia, krim pemutih, dan aneka jenis bahan lainya. Makanya biasanya ijin usaha dan garansi kesehatan akan menjadi sebuah tolak ukur sendiri bagi calon konsumen.

2. Barang yang dijual harus resmi
Pada tahun 2006, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 693 produk Dove palsu, 3.605 produk Ponds palsu dan 10 produk Biore palsu. Penemuan tersebut membuat konsumen lebih berhati-hati dalam membeli kosmetik. Usahakan menjual produk yang resmi. Pastikan Anda memasok produk dari sumber terpercaya. 
 
Jangan mudah tergiur harga murah. Biasanya, produk yang terlalu murah adalah produk tiruan. Kualitasnya di bawah produk asli. Terkadang produk tiruan bahkan memberi efek buruk bagi kulit.

3. Kualitas barang terjamin
Pilihlah produk dengan kualitas terjamin. Sebaiknya Anda menjual produk yang kualitasnya sudah terjamin. 

4. Tidak mengandung zat berbahaya
Cukup banyak terjadi kasus pemalsuan produk dan penggunaan bahan berbahaya sebagai campuran bahan pembuatan kosmetik. Jangan sampai Anda menjual produk kesehatan dan kecantikan seperti itu pada konsumen. Bisa-bisa mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda. Jangan hanya mengejar keuntungan, perhatikan juga kesehatan konsumen.

5. Jual produk yang banyak manfaatnya
Menjual produk dengan banyak manfaat lebih tentunya akan lebih menarik konsumen. Misalnya produk pemutih alami, yang selain memutihkan kulit juga bisa membuat kulit sehat dan bersih dari dalam.

6. Memilih Target Pasar yang Sesuai
Sebelum anda memutuskan untuk menjalankan usaha klinik kecantikan, ada baiknya anda menganailis dan menetapkan pangsa atau segmen pasar yang akan anda utamakan. Sebagai langkah awal, anda bisa menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Namun jika modal anda mencukupi, anda bisa langsung membuka usaha klinik kecantikan untuk segmen kelas atas yang biasanya lebih menguntungkan. Konsekuensinya anda harus menyediakan peralatan kecantikan modern untuk memuaskan pelanggan anda yang umumnya lebih perfeksionis dan pemilih.

7. Menentukan Lokasi yang Tepat
Untuk bisa menyasar semua segmen, anda wajib memperhatikan tempat dan lokasi klinik anda. Usahakan agar berada di lingkungan yang strategis dan mudah diakses. Luas minimal yang dibutuhkan untuk memuat 15 tempat tidur adalah sekitar 250 meter persegi.

8. Peralatan dan Sarana
Dalam menjalankan bisnis klinik kecantikan, ketersediaan peralatan dan sarana yang memadai adalah hal yang amat vital. Sebelum membeli peralatan, anda sebaiknya memutuskan layanan apa saja yang akan anda berikan ke konsumen, karena keduanya akan saling berkaitan. 

Sarana minimal yang disediakan di pusat klinik kecantikan diantaranya: bed (tempat tidur), skin test (alat tes kesehatan kulit), steamer facial, dan lampu facial.

Membuka klinik sederhana dapat dimulai dengan modal minimal 10 juta rupiah, diluar perhitungan tanah dan bangunan. Sedangkan klinik yang berkonsep modern dengan peralatan canggih dan terbaru, maka membutuhkan investasi ratusan juta rupiah, yang digunakan untuk membeli bed, skin test, mesin infra merah untuk perawatan kulit, facial oxy spa, laser akupuntur, galvanic, lampu cobra, alat mesoterapi pori wajah, laser erbium fractiona, dan sebagainya.


9. Pelayanan dan Pakar Kecantikan

Dalam menjalankan bisnis ini, pelayanan dan tenaga ahli menjadi hal penting, karena hal tersebut yang menjadi kesan di hati pelanggan. Pekerja profesional seperti dokter spesialis kulit ataupun terapis kecantikan adalah tenaga yang sebaiknya tersedia di pusat klinik sebagai penanggung jawab medis. 


10. Promosi dan Pemasaran

Dalam pemasaran klinik kecantikan, dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan penyebaran brosur, menjaring pelanggan melalui internet dan jejaring sosial, mengadakan promosi check up gratis, atau promosi lewat mulut ke mulut.


Dalam membangun usaha ini bisa Anda dapat jalankan dengan modal sendiri lebih bagus jika Anda juga memiliki kemampuan spesialis di bidang kecantikan dan perawatan yang akan lebih menunjang keberhasilan usaha bisnis Anda.

Pastikan Anda mempunyai modal awal yang cukup untuk membeli aneka perangkat dan pendukung bisnis kecantikan dan perawatan ini. Namun kalau misalkan anda memiliki kekurangan modal maka Anda bisa menggunakan cara kerjasama atau kemitraan. Biasanya ada beberapa franchise dunia kecantikan yang bisa anda hubungi. Jika itu masih kurang silakan coba buat proposal bisnis klinik kecantikan lalu berikan ke investor yang Anda anggap potensial untuk menggelontorkan dana untuk modal Anda. 


Peluang bisnis dibidang kecantikan dan kesehatan

1. Kuku Cantik
Franchise ini termasuk murah karena modal yang diperlukan sekitar 15 juta rupiah. Dengan modal tersebut anda akan memperoleh paket usaha basic berupa satu set mesin cetak kuku digital (penghias kuku yang canggih) bersama perlengkapannya, xbaner eksklusive, dan lainnya. Waralaba yang dikelola oleh Giant Media Inc ini telah memiliki 20 gerai. Alamat situsnya di www.giant.web.id.

2. Spa RH Salon & Family Spa
RH Salon & Family Spa dirintis oleh Rina Laurentie mulai tahun 2010, yang sudah mempunyai store pribadi saat ketika ia masih bekerja sebagai manajer sebuah bank asing terkemuka di Jakarta, dan pada tahun 2011 merupakan awal franchise pada saat itu masih menggunakan brand RH Baby & Mommy Spa, hingga pada akhir 2014 bertransformasi dengan nama RH Salon & Family Spa agar masyarakat lebih mengenal RH lengkap dengan treatment yang tersedia ada salon dan spa mulai dari bayi, anak-anak, ibu, dan bapaknya.

Membuka peluang kerjasama seluas-luasnya untuk calon investor yang tertarik mencicipi tren bisnis spa bayi dan keluarga ini yang kian berkembang. Untuk nilai investasinya dimulai dari Rp 250 juta dengan perkiraan BEP dalam waktu 24-36 bulan saja.


3. Maxx Salon Rudy Hadisuwarno
Rudy Hadisuwarno telah membuka peluang bisnis dengan menawarkan berbagai Brand Franchise yaitu, salon rudy (Non Spa), salon rudy + spa, brown salon kalangan muda – mudi, salon reflexology, juga salon khusus pria, dengan layanan service hair tatto yang banyak diminati para pria dengan nilai investasi sekitar 200 juta s/d 400 juta, untuk informasi lanjut kunjungi situs ini

Salon Rudy Hadisuwarno mengembangkan sistem waralaba. Sebanyak 80 persen dari seluruh salon milik penata rambut Rudy Hadisuwarno dikembangkan dengan sistem waralaba. Mengenai lokasinya, 60 persen di mal atau pusat pertokoan, dan selebihnya di ruko atau perumahan.


4. Apotek K24

Apotek K-24  menjadi jaringan apotek waralaba terbesar di Indonesia yang mendapat predikat apotek franchise terbaik 2010 & 2011, apotek asli Indonesia yangmengerti kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia, memiliki konsep bisnis apotek unggul yang sudah terbukti, memiliki pendampingan persiapan pembukaan apotek sampai operasional: Ijin operasional apotek, renovasi bangunan, rekrutmen & pelatihan staf, sistim IT, strategi pemasaran, hingga operasional, menjadi pemilik sarana apotek (PSA) yang secara aktif terlibat dalam pengembangan usaha, juga mempunyai bisnis yang merupakan ibadah sekaligus menjadi berkat dan manfaat dengan memberikan akses obat yang mudah dan murah bagi masyarakat Indonesia

Investasi yang dibutuhkan untuk membuka satu gerai Apotek K-24, serta untuk apa sajakah biaya yang dikeluarkan yaitu
Untuk gerai seluas 60 m2 di pulau Jawa umumnya membutuhkan biaya lebih kurang Rp.750 juta, sangat tergantung dari kesiapan lokasi di mana apotek akan dibuka. Investasi tersebut sudah mencakup biaya franchise fee (royalty pemakaian merek), sewa bangunan selama 2 tahun, renovasi bangunan, stok obat, papan nama gerai eksterior, interior dan mebel, sistem dan software IT, modal kerja 3 bulan, inventaris gerai (seperti sepeda motor, AC, genset, PABX, ATK, dll), biaya pelatihan awal, serta perijinan, dan administrasi pembukaan apotek.

Apa saja yang harus dibayarkan oleh penerima Franchise kepada P.T. K24 Indonesia sebagai pewaralaba?
  • Biaya Awal Franchise (Royalty Merek & Initial Franchise Fee) sebesar Rp. 80 juta untuk masa Franchise 6 tahun.
  • Franchise Fee sebesar 1,5% dari omzet per bulan.
  • Biaya Remodelling pada tahun ke 4
Berapa lama usaha Apotek K-24 ini akan balik modal?
Jika target penjualan tahunan dan target margin tercapai, serta biaya operasional dapat dikendalikan, maka berdasarkan pengalaman kami, balik modal akan terjadi dalam +/- 3 tahun. Ada beberapa apotek yang balik modal lebih cepat karena pertumbuhan yang sangat baik.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka satu gerai Apotek K-24?
Rata-rata membutuhkan waktu ± 4 bulan setelah lokasi dipastikan.

5. Klinik Rumah Bersalin Permata Bunda 

PERMATA BUNDA  awal berdirinya pada tahun 1998 bernama Yayasan Bina Medika, 2 tahun kemudian berubah nama menjadi PERMATA BUNDA di bawah naungan PT. Surya Sehat Gemilang.

PERMATA BUNDA bergerak dibidang Rumah Sakit Umum, memiliki 7 cabang Klinik & Rumah Bersalin yang tersebar di wilayah Bekasi.Saat ini telah bekerjasama dengan hampir 90%  Asuransi Kesehatan dan Perusahaan besar berskala nasional.



Menurut H. BM Roeslan, CEO sekaligus pemilik Permata Bunda Group, keunggulan Permata Bunda ialah pengelolaan bisnisnya yang dijalankan dengan system dan manajemen yang professional dan reliable. Tidak hanya itu, sistem pelayannya selalu mengacu pada customer satisfaction and one price system, yaitu memenuhi kepuasan pelanggan dengan cara penerapan harga yang mengacu pada suatu system bukan manual. Sehingga, harga layanan tidak berubah-ubah. 

Untuk memiliki unit usaha franchise Klinik dan Rumah Bersalin Permata Bunda dibutuhkan invetasi sebesar Rp 615 juta. Investasi tersebut belum termasuk sewa tempat dan gedung. “Namun semua perlengkapan usaha, juga teknologi kedokteran, dan tenaga manusianya sudah dipersiapkan, termasuk SOP dan marketing toolsnya dan franchise fee," menurut Roeslan.
 

Roeslan melanjutkan, untuk mencapai ROI atau balik modal di bisnis ini relatif  tidak dibutuhkan waktu yang lama. “Sekitar 1,5 tahun ROI-nya sudah tercapai dengan estimasi omset Rp 150 juta-Rp 175 juta perbulan,” ungkapnya. Estimasi omset tersebut sangat wajar karena cabang yang saat ini sudah berjalan saja bisa menghasilkan omset Rp 200 juta-Rp 250 juta perbulan dengan margin sebesar 20%.

Bisnis waralaba dibidang kecantikan dan kesehatan ini sangat beragam, Anda bisa temukan informasi bisnis lainnya disini.  Tidak diragukan lagi bisnis ini memiliki prospek untung besar dan diharapkan Anda tidak hanya sebagai investor semata tetapi benar-benar memiliki jiwa sosial untuk melayani sesama dan punya semangat menjadi pengusaha serta mau terlibat dalam supervisi operasional usaha. Selamat berbisnis!


Peluang Bisnis Kosmetik Kecantikan Wanita

Kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang wanita, karena pastinya mereka ingin tampil cantik setiap saat. Alat-alat kosmetik sepertinya sudah tidak bisa di pisahkan lagi dalam kesehariannya, setiap beraktifitas kemanapun peralatan ini menjadi barang yang wajib untuk di bawa
Kira-kira seperti itulah ketergantungan seorang wanita terhadap peralatan kosmetik ini, sudah menjadi sifat bawaan mereka untuk selalu menjaga kecantikannya. Maka untuk memenuhi kebutuhan mereka, berbisnis barang kosmetik bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan, bisa kita bayangkan kebutuhan barang ini yang selalu harus di gunakan setiap hari, sudah bisa di samakan seperti kebutuhan makanan pokok utama.

Menjalankan bisnis kosmetik juga tidak mengenal musiman, akan selalu bisa menguntungkan sepanjang tahunnya, meski harga barangnya bisa terpengaruh pasar, namun konsumennya akan selalu berusaha mendapatkannya, tidak perduli harga naik atau semacamnya.

Jika anda sedang mencari peluang usaha yang tidak pernah mengalami sepi pembeli, maka menjalankan bisnis kosmetik ini bisa menjadi pilihan. Selain terbilang mudah di jalankan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankannya, bisa anda sesuaikan dengan biaya modal yang di miliki
  1. Membuka Toko Kosmetik Toko khusus kosmetik yang umumnya berada di pusat-pusat perbelanjaan atau lokasi yang terdapat banyak keramaian, bisa dipilih untuk model berbisnis. Barang yang tersedia di toko seperti ini biasanya lengkap seputaran peralatan kecantikan wanita hingga kosmetiknya keluaran dari berbagai merk, baik itu buatan lokal ataupun import.
    Barang-barang mulai dari bedak,lipstik,parfum, hingga pemutih wajah dan obat herbal untuk kecantikan wanita harus tersedia komplit di toko seperti ini. Jika anda ingin menjalankan usaha toko kosmetik seperti ini harus sediakan modal yang cukup lumayan, belum lagi pemilihan lokasi usaha yang harus berada di pusat keramaian membuat biaya penyewaan tempat pastinya akan cukup mahal.

  2. Menjadi Reseller Produk Kosmetik Memiliki budget modal terbatas ? bisa lirik cara berbisnis kosmetik dengan menjadi reseller atau dropship salah satu jenis produk yang sedang di gemari. Misalnya saja produk spray wajah yang kini sedang banyak peminatnya, penurun berat badan yang selalu di gemari wanita saat sedang melakukan program diet, dan banyak lagi produk-produk lainnya.

    Sebisa mungkin jika akan menjadi reseller produk kosmetik pilih barang yang benar-benar sedang ramai dibutuhkan, anda bisa pelajari trend yang sedang berkembang di kalangan para wanita. Agar nantinya bisa anda pasarkan produknya dengan mudah.

    Untuk pemasaran bisa tawarkan kepada rekan-rekan, saudara hingga tetangga sekitar rumahan. Bahkan sekarang ini ada juga yang menerapkan program member get member yang bisa lebih menghasilkan keuntungan yang besar, anda bisa mendapatkan komisi tambahan jika berhasil mengajak siapapun untuk bergabung menjadi reseller juga.

  3. Menjual Kosmetik Secara Online Tidak hanya di dunia nyata saja produk kosmetik ini ramai pembelinya, dalam dunia maya atau internet pun produk ini sangat di buru konsumennya. Maka jika akan terjun kedalam bisnis ini anda harus memanfaatkan sistim online untuk lebih bisa menjaring lebih banyak pembeli.
    Caranya bisa dengan membuat toko online khusus berjualan kosmetik dan juga aktif di berbagai sosial media yang semakin banyak panggunanya saat ini. Dengan menjual secara online, bisnis ini bisa menjadi sampingan dari pekerjaan utama, dan juga bisa di jalankan secara rumahan.
Strategi Berbisnis
Pastikan produk kosmetik yang anda pasarkan telah memenuhi standart keamanan yang di terapkan pemerintah, terutama untuk produk-produk import, agar bisnis anda bisa berjalan dengan lancar kedepannya. Pilih juga produk yang memiliki kelebihan seperti keluaran merk ternama, memiliki harga jual terjangkau, dan sudah terbukti khasiatnya.


Peluang usaha bisnis kecantikan Herbal

Bisnis kecantikan adalah bisnis yang tidak pernah sepi pembeli. Mayoritas pengguna produk kecantikan adalah kaum hawa yang mana paling suka berbelanja. Bisnis dengan produk ini akan sangat menggiurkan dan permintaannya akan terus meningkat dari tahun ke tahun, apalagi bahan-bahan yang digunakan dari bahan herbal yang aman dan bebas bahan kimia.
 
Masyarakat kini sudah mulai sadar bahwa produk kecantikan berbahan herbal lebih aman di bandngkan dengan kosmetik berbahan kimia. Mereka sudah tahu pentingnya kesehatan. Produk kecantikan herbal adalah produk yang menggunakan bahan-bahan dari ekstrak buah-buahan atau rempah-rempah.

Bisnis kecantikan secara online 

Bisnis di bidang kecantikan termasuk jenis bisnis yang tidak akan surut dimakan oleh waktu. Produk kecantikan akan selalu diburu dan dicari. Potensi dari bisnis ini sangat besar. Bisnis kecantikan secara online salah satu solusi untuk anda yang menginginkan usaha sampingan tanpa terikat waktu, karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.
 
Tidak hanya di dunia nyata saja produk kosmetik ini ramai pembelinya, dalam dunia maya atau internet pun produk ini sangat di buru konsumennya. Maka jika akan terjun kedalam bisnis ini anda harus memanfaatkan sistim online untuk lebih bisa menjaring lebih banyak pembeli.

Caranya bisa dengan membuat toko online khusus berjualan kosmetik dan juga aktif di berbagai sosial media yang semakin banyak panggunanya saat ini. Dengan menjual secara online, bisnis ini bisa menjadi sampingan dari pekerjaan utama, dan juga bisa di jalankan secara rumahan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar